Jumat, 16 Agustus 2013

Younger Brother dhalang Qohhar Dwi Hatmono

Tiba-tiba pengen nulis sedikit tentang adik tunggal saya Qohhar Dwi Hatmono. Meskipun di dalam fikiran adik saya, kakak seperti saya ini orang yang sangat galak, tapi sebenarnya saya sayang dan ingin yang terbaik buat dia. Galak juga karena kepingin dia bener, tapi kalo udah ngadepin adik saya itu bawaannya pengen marah, ngga tau kenapa, otomatis gitu. Mungkin akunya juga yang suka sensi, tapisaya kalo ngingetin atau marahin adik mesti didukung ortu. Sehingga adik saya berfikir kalo saya itu suka manas-manasin bapak ibu buat marahin dia juga. Kalo dia ngga ada yang ndukung otomatis dia kemungkinan kan yang salah. ihhhhh....Jadi saya mikir, adik saya ngga pernah ngerasa kalo saya tu perhatian banget sama dia. Padahal marah juga biar dia bener.

Ahhhhh....suka males ngomongin dia. tapi berhubung kakak yang baik (bukan dimata dia), saya akan menuliskan sedikit info tentang adik saya yang menurut saya dia memiliki bakat yang tidak dimiliki banyak orang. Insyallah dhalang adalah pilihannya .

Namanya Qohhar Dwi Hatmono, lahir dari keluarga yang sederhana dari pasangan bapak Suhardi dan ibu Kasinem pada tanggal 19 Mei 1995 di Wonogiri. Dari kecil TK sudah seneng banget sama wayang, suka beli wayang kardus. Waktu kecil dia juga sering banget sakit panas, suka bikin khawatir orang rumah, bahkan tetangga-tetangga. Anehnya sakitnya itu ngepasi dia pengen beli maianan,khususnya wayang dan belum di beliin sama bapak ibu, akhirnya dia sakit. Ya masih kecil, wayang kardus masih murah 5.000-15.000 udah dapet. Eh, pas aga gedhe sakit tipes yang diminta wayang kulit beneran, berapa duit coba.. Tapi alhmdulillah gedhenya sehat walafiat ngga nakal, tapi susah dibilangin.suka ngeyel. Akhirnya, saat dia masuk SMK jurusan pedhalangan ada rejeki untuk memiliki satu set wayang.alhamdulillah...yang mau nanggap,monggo dipersilakan :) promosi

 

Kecilnya kalau nonton wayang betah banget, memang udah keliahatan kalau dia kepingin jadi dhalang.Padahal tidak ada keturunan dari nenen moyang yang jadi dhalang. 

 

Untuk pendidikan, dia TK di TK Eko Dwijo Rini Giritontro, kemudian lanjut di SD N Johunut 2 dan lanjut masuk ke SMP N 2 Giritontro. Saking cinta sama wayang dari kecil, akhirnya Qohhar memutuskan untuk masuk di SMK N 8 Surakarta yang merupakan sekolah menengah kesenian. Qohhar mengambil jurusan Pedhalangan. Setelah 3 tahun dilalui dengan berbagai keribetan, karena banyak praktek. Dan pada tanggal 24 Mei 2013 Qohhar lulus dari SMK N 8 Surakarta. Dilanjutkan mendaftar di Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta ambil jurusan Pedhalangan.

Pelepasan SMKI

Acara pelepasan bareng keluarga

 

Beberapa foto waktu dia ngadain pagelaran wayang kulit (by @gentaroi)

Dia anak yang gigih dan berkeinginan keras tapi ngga bisa ngatur waktu. Jadi orang di sekitarnya harus sering ngingetin. Alhamdulillah sedikit-sedikit sudah mengahisilkan untuk sekedar beli jajan dia.

Dari hasilnya dia belajar alhamdulillah sekarang dia sudah mulai pentas meskipun masih dalam lingkup satu kecamatan. Tapi insyaallah awal yang bagus...Semoga sukses apa yang diinginkan. Seimbangkan antara dunia dan akhirat, tingkatkan pula ilmu agamanya le.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar