Selasa, 27 Desember 2011

Batik Anatomi hasil PKMK Dikti

Mencoba posting hasil karya anak biologi FMIPA UNS, Yang dibiayai oleh DIKTI…ada yang minat? boleh dipesan kok..
“BATIK ANATOMI”, INOVASI PRODUK TEKSTIL BERNILAI SENI TINGGI SEBAGAI PELUANG USAHA BAGI MAHASISWA.

LATAR BELAKANG MASALAH
Batik berasal dari bahasa Jawa “amba” yang berarti menulis dan “titik”. Kata batik merujuk pada kain dengan corak yang dihasilkan oleh bahan “malam” (wax ) yang diaplikasikan ke atas kain, sehingga menahan masuknya bahan pewarna ( dye ), atau dalam Bahasa Inggrisnya “wax-resist dyeing”.Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya Jawa) sejak lama.

Batik merupakan salah satu desain mode produk tekstil yang banyak diminati oleh semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Produk batik yang umum di pasaran adalah motif batik dengan mode tradisional maupun modern. Motifnya memiliki ciri khas masing – masing daerah asal batik itu sendiri. Untuk itu sangat tepat sekali jika produk batik yang memiliki inovasi dalam segi motif khas dengan unsur kreasi seni tinggi dipasarkan baik dalam pasar regional maupun internasional. Salah satu produk batik yang dapat kami tawarkan adalah batik anatomi.


“Batik anatomi” merupakan produk tekstil kain yang menggunakan desain berbasis “anatomi” pada organisme. Keunikan dari struktur anatomi inilah yang menjadikan salah satu daya tarik yang tinggi bagi para pengusaha batik untuk mengembangkan usaha batik yang memiliki nilai inovatif. Usaha pembuatan karya seni batik dengan inovasi dan kreasi terbaru “batik anatomi” sangat layak untuk di kembangkan karena selain sebagai nilai tambah dari aset budaya baik lokal maupun nasional, desain yang unik akan menjadikan daya tarik serta meningkatkan nilai ekonomis dengan prospek pemasaran yang menjanjikan dari desain motif batik yang unik dan bernilai seni tinggi.

TUJUAN
Penelitian ini bertujuan untuk :
1. Menambah khazanah keragaman motif batik nusantara.
Meningkatkan kualitas motif batik dengan inovasi baru berupa motif baru berupa anatomi mikroskopis yang memiliki nilai seni dan ekonomi tinggi
KEGUNAAN
1. Meningkatkan nilai seni batik dengan motif unik dari anatomi serta sebagai peluang usaha bagi mahasiswa.
Menciptakan citra baru seni batik dengan motif anatomi mikroskopis berupa desain paten

PENJELASAN
Pola hidup modern sudah menjadi ciri masyarakat saat ini mulai dari anak-anak, remaja, bahkan orang dewasa. Pola hidup ini tidak hanya identik dengan belanja (shopping) ataupun pemenuhan kebutuhan sehari-hari akan tetapi juga merambah pada produk tekstil yang bermode terbaru.
contoh baju motif btik anatomi.

Produksi
Dalam produksi kami menggunakan metode pendekatan jalinan kerjasama mutualisme yaitu menjalin kerjasama antara tim PKMK Batik anatomi dengan Heru batik solo. Heru batik bertugas dalam proses pembuatan batik cap dengan ketentuan ukuran, motif, dan warna dari batik anatomi dan kami yang memasarkan produk batik anatomi. Tahapan pembuatan batik anatomi sama seperti pembuatan batik pada umumnya antara lain:

1. Pemilihan struktur histologis
Struktur histologis yang dapat diaplikasikan dalam pembuatan motif batik ini banyak jenisnya bahkan hampir semua struktur histologis tersebut dapat dijadikan tema dari sebuah motif batik dan ini tergantung dari kreativitas dalam mendesainnya. Untuk struktur yang kami jadikan sebagai motif batik pada awal usaha kami berupa struktur mikroskopis Canna edulis , Spyrogira Sp. dan stomata tipe ginjal

2. Pembuatan desain motif
Struktur histologis yang sudah dipilih kemudian diaplikasikan menjadi motif batik dengan menambahkan pakem batik pada umumnya yaitu adanya isen-isen (isi) dalam motif batik seperti titik, garis, lingkaran. Sebagai isen kami mengaplikasikan sel bentuk stellat ( bintang ) karena memiliki nilai estetika yang cukup tinggi.

3. Pembuatan pola cap
Desain motif batik yang telah dibuat kemudian dibuat suatu pola pada cap logam yang akan digunakan untuk batik cap. Proses pembatikan pada batik cap yakni dengan menggunakan cap batik seperti menggunakan stempel,

Pakaian dengan motif batik menjadi suatu produk tekstil yang perlu dikembangkan agar sejalan dengan trend atau gaya hidup masyarakat yang semakin modern. Selain itu, pemanfaatan anatomi mikroskopis yang digunakan pada produk batik ini dapat digunakan sebagai peluang usaha bagi mahasiswa. Motif batik yang selama ini dikenal oleh masyarakat dapat menjadi salah satu produk yang dapat digunakan untuk menaikkan nilai ekonomi dan minat masyarakat terhadap batik. Kemunculan motif batik baru dari suatu produk tekstil sangat dinantikan oleh masyarakat mengingat adanya rasa ketidakpuasan dan kebosanan dari masyarakat pada motif batik yang telah ada sekarang ini.

(modelnya putri2 dosen pembimbing pkm ^_^)

Usaha pembuatan batik dengan motif batik anatomi merupakan salah satu cara bagi mahasiswa untuk menggali keterampilan, semangat dan jiwa kewirausahaan. Proses pembuatan motif batik ini relatif cukup sulit , karena aplikasi yang digunakan untuk mengolah desain berupa aplikasi software ”corel draw” atau software sejenis yang mendukung.


Usaha ”batik anatomi” ini merupakan suatu bentuk inovasi baru, berupa rintisan usaha berskala menengah. Usaha rintisan ini akan dipusatkan pada jenis homeindustry dimana pengelolaannya akan dipusatkan di daerah laweyan, Surakarta. Proses produksi usaha ini dengan menggunakan sistem cetak menggunakan mesin pencetak motif pada kain yang akan dibantu oleh tenaga kerja yang ahli dibidangnya dan bekerjasama dengan homeindustry yang sudah terbukti akan kualitas batik cap yang diproduksi. Harga yang Kami tetapkan untuk setiap bahan kain (bakal) 2m x 1,15m adalah 65.000 – 75.000. Langkah awal dalam memperkenalkan produk kain ”Batik Anatomi ” pada masyarakat adalah dengan melakukan promosi produk melalui media elaktronik dan cetak guna memberikan informasi kepada masyarakat secara umum, tentang inovasi baru produk ” batik anatomi ”.

Sampai sekarang masih dikembangkan nim..jadi ada 3 motif btik dari jaringan tumbuhan.so..silakan di pesan...
(amirul_jafron_nisa)

5 komentar:

  1. ehem,,ehem,,wah baus tuh batiknya,,,,gimana cara pesannya??

    BalasHapus
  2. ya bisa dipesan melalui blog ini.
    untuk keseriusan pemesanan, anda dpt mnta contoh foto mngnai motif yg lain.

    hehehe
    ngapunten mnyertakan no hp tnp ijin dulu ^_^

    BalasHapus
  3. motifnya batik banyak banget, bikin mumet aja..btw tulisanya formal banget eah hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bikin mumet gimana..coba di liat dulu.motifnya sederhana kok..jar. tumbuhan n hewan.. ^_^
      ga formal kok..santai kya di pantai..

      Hapus
  4. Thanks for sharing.. Mencari perlengkapan membatik berkualitas dengan harga murah. Kunjungi toko online kami dan dapatkan penawaran menarik lainnya. Regards : Fitinline..

    BalasHapus