Minggu, 21 Oktober 2012

Lebih Hidup dengan KEBERSAMAAN

                Kebetulan ada di rumah tiba-tiba pengen nulis hal-hal yang ada di rumah. Yaaa meskipun saya nggak bisa menulis secara runtut  ...
Ada yang baru niiih...(gaya afika). Minggu ini ada benda baru di rumah kami, bukan mau pamer atau semacamnya ya..tp mau cerita tentang antusiasnya warga desa saya memfungsikan benda itu.
                Gamelan adalah alat musik tradisonal yang umum banyak digunakan oleh kawula sepuh.  Dan sudah sangat jarang diminati oleh kawula muda. Barang baru yang kita miliki adalah gamelan. Adik saya yang merupakan siswa pedalangan SMKI Surakarta kelas 12 saat inilebih sering latihan untuk tugas akhirnya nanti, sehingga  hal ini yang mendorong orang tua saya untuk membelikan gamelan. Dengan gamelan ini warga dusun kami ikut senang dan merasa ikut memiliki. Hampir setiap malam mereka datang kerumah untuk memainkan musik ini. Betapa senangnya melihat kekompakan mereka yang sudah sepuh sepuh bermain musik dengan begitu mahirnya. Yang datang ditempat kami Tidak semua bisa memainkan musik tapi yang tidak bisa ini juga ikut senang menikmati alunan gendhing yang di mainkan, sesekali mereka juga berlatih minta diajari sama yang sudah mahir. Banyak lelucon yang menyeletuk dari bapak2 bahkan dari eyang2 yang membuat suasana semakin kompak dan rame. 

                Tabuhan umumnya dimulai dari jam 8 malam hingga kurang lebih sampai jam 11 malam.  Gendhing yang dimainkan antara lain adalah ‘’ayak-ayak, wilujeng, tolu dll’’. tetangga tetangga yang mendengarkan dari rumah mengatakan kalau denger gamelan itu rasanya asri banget (kata bu Parni). Adanya tabuhan ini menurut saya dapat meningkatkan rasa kekeluargaan, kekompakan dan kebersamaan antara warga desa. Selain itu juga dapat nguru uri kebudayaan jawa. Tidak sedikit anak anak SD yang ikut melihat dan kadang2 juga nyoba untuk membunyikan satu persatu alat. Ini dapat mengenalkan anak-anak pada alat musik tradisional yang akhir akhir ini kurang diminati anak-anak muda.
       Kusus malam minggu tabuhan untuk mengiringi wayang yang di mainkan oleh adik saya (Qohhar ) sekalian latihan untuk ujian akhirnya nanti. Di malam minggu yang datang lebih banyak, bahkan ibu2 juga datang. 

          Pada hari minggu pagi Gamelan di pukul oleh adik adik yang masih SD. Adik adik ini belajar gamelan untuk memainkan notasi gendhing jawa yang didapat dari sekolah, namun belum bisa praktek secara langsung karena di sekolah belum ada.
          Begitulah kekeluargaan warga desa yang masih di jaga hingga sekarang. Kepedulian yang besar antar tetangga membuat desa kami lebih hidup meskipun jauh dari tempat perbelnjaan dan tontonan2 mewah. Tidak akan berkecil hati kami dikatakan orang kampung yang minim jaringan handphone, susah air, lugu dan tak ber make up layaknya orang kota. Kami masih punya rasa kekeluargaan yang besar dan rasa saling memiliki. Itu yang lebih kami syukuri.

7 komentar:

  1. Insya allah kalo ada rejeki mbantu nglengkapi gamelane..... nguri-uri budoyo adiluhung

    BalasHapus
    Balasan
    1. tak cekel omonganmu loh tar :))
      btw ontheway busway jeneng aslimu apik nuhk mas gentar..

      Hapus
    2. wah sakti mas kempor ki...wah lagi ngerti jeneng asliku toh om kikiki...

      Hapus
  2. Amiiiiin..semoga di lancarkan urusan dan rejekinya.

    BalasHapus
  3. Amin....pingin gawe desa wisata nang omah kidul

    BalasHapus
  4. banyak bule bule pada belajar gamelan di ISI atao sekedar belajar di mangkunegaran.

    Tapi anak anak muda jaman sekarang malah belajar nge band, latian breakdance. Trus nanti kalau mau belajar gamelan musti ke luar negri soalnya generasi simbah2 udah pada nggak ada.

    bagus juga tuh beli gamelan, tapi inget jangan di telantarkan tanpa pelestarian, soalnya banyak gamelan gamelan di SD ato SMP tepatnya di kota solo. Cuman sebagai formalitas pelajaran dan ekstrakulikuler (itu dulu) nggak tau sekarang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap mas kempor...kapan kita nge karst bareng2 lg...kita cari hal lain dikarst...
      Bicara soal karst tdk hnya bicara gimna cara menyelamatkan karst dr eksploitasi yg sangat merusak lingkngan, budaya pun hrus dpt perhatian agar budaya yg adiluhung juga lestari, dan belajar kehidupan dari orang2 sederhana... masyarkat karst tetap dg survive keluguan kearifan keramah tamahan nya dan menjadi inspirasi ...

      Hapus